"Doa untuk Kegelisahan dan dililit hutang"

May 4, 2008 by: yanti

Aku dulu…..tidak percaya bila orang yang berakal bisa kehilangan keceriaan, atau orang yang beriman bisa berputus asa dan kehilangan harapan. tapi… saya akhirnya menyadari….Terkadang, seseorang dikalahkan oleh hal-hal yang menekannya sehingga kehilangan ketenangannya. Mestinya….Dalam kondisi seperti ini, hendaknya seseorang berpegang teguh pada Allah agar Allah menolongnya dan mengeluarkannya dari kesulitan. hmmmm…..Sesungguhnya kepasrahan seseorang terhadap gelombang kesedihan merupakan awal dari kegagalan sebuah keinginan dan menjadikan setiap langkah atau karya penuh dengan kelemahan dan kekurangan.

Maka dari itu, Rasulullah saw mengajarkan kepada para sahabatnya untuk selalu meminta bantuan Allah guna menyelamatkan diri dari berbagai gangguan tersebut. Abu Said al-Khuidri menuturkan “suatu hari ketika masuk kedalam masjid Rasulullah menjumpai seorang laki-laki dari kaum Anshar yang bernama Abu Umamah.

Rasullah berkata kepadanya… “Wahai Abu Umamah, mengapa engkau duduk didalam masjid bukan dalam waktu shalat?”
Abu Umamah menjawab “Aku sedang dirundang kegelisahan karena banyak hutang, Wahai Rasulullah,”. Maka Beliau bersabda : “Maukah kuajarkan kepadamu kalimat yang jika engkau membacanya, maka Allah akan menghilangkan kegelisahanmu dan akan melunaskanb hiutang-hutangmu?”.
Dia menjawab : “Tentu ya Rasulullah”
Lalu beliau bersabda :”Ucapkan (tertulis dibawah) diwaktu pagi dan sore hari, doa ini”
Abu Umamah menceritakan .”Aku melakukan ajuran itu dan Allah menghilangkan kegelisahanku sarta melunaskan hutang-hutangku” (Amin Ya Rabbil Alamin… Sungguh Allah Maha Mengabulkan doa hambaNYA)

Rasululloh shallAllohu ‘alaihi wasallam memperbanyak do’a: “Ya Alloh, aku berlindung kepadaMu dari kegelisahan dan kesedihan, dari kelemahan dan kemalas-an, dari sifat pengecut dan bakhil serta dari tidak mampu membayar hutang dan dari penguasaan orang lain.” (HR. Al-Bukhari).

Dari Aisyah, Rasululloh shallAllohu ‘alaihi wasallam dalam shalatnya berdo’a: “Ya Alloh aku berlindung kepadaMu dari dosa dan hutang.”

Dikutip dari “La Tahzan For Smart Muslimah”

Related Posts with Thumbnails

Comments

24 Responses to “"Doa untuk Kegelisahan dan dililit hutang"”
  1. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang
    Assalamu’alaikum Wr Wb

    Saya beribadah, berdo’a & berikhtiar serta bertawakal hanya kepada Allah & karena Allah.. hanya kepada Allah saya menyembah.. hanya kepada Allah saya meminta pertolonga.. saya lagi di uji keimanan & saya membutuh bantuan buat yg mereka dermawan yg hakikatnya meminta kepada Allah, yang saya tidak meminta tapi meminjam tanpa bunga. dengan jaminan sertifikat tanah ataupun jiwa dan raga saya taruhkan jika Allah mengizinkan. sumpah demi Allah saya tidak berniat menipu..sumpah demi Allah saya cuma membantu membereskan masalah saya keluarga. Insya Allah saya berkorban jiwa & raga di jalannya Allah.

    saya siap disuruh apa saja untuk melunasinya asal tidak keluar dari aturan islam.. insya Allah saya siap melunasinya walaupun puluhan tahun.. jika saya harus bekerja & berbakti sampe lunas insya Allah saya siap.. misalkan jadi karyawan, pengurus mesjid atau pembersih/pembantu mesjid, karyawan ponpes, pengurus atau pembersih/pembantu mesjid ponpes.. saya kerja & usaha diluar boleh juga.. jadi apapun itu asal halal insya Allah saya siap.

    alhamdulillah setahun lebih saya berusaha mebereskannya. Dengan berusaha menjalankan ibadah-ibadah seperti shalat, berdo’a, bersedekah,menyantunin anak yatim.dll. serta berwiraswasta.tapi belum ada jalan keluar.. mungkin solusinya Ada di pihak yang dermawan yang di amanati Allah. mungkin dari badan amal zakat, perusahaan ponpes, perorangan atau yang lainnya..

    saya seorang pemuda lajang usia 26 bertanggung jawab atas kelangsungan hidup keluaga.. keluarga saya belasan orang rata2 masih sekolah & belum kerja.. bapak saya sudah lama sekali tidak kerja karena punya penyakit jantung,darah tinggi,diabetes dll. (Penyakit tua). Saya punya utang Total 200jt-an ke bank yg bikin tertekan itu karena berbunga. total 150juta-an saya hanya berharap kepada Allah. Karna janjinya saya bisa menjalani semua ini. Dengan berharap kemudahan,hidayah & rahmarnnya..

    Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.
    sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Q.s Alam Nasyrah 5-6

    saya kutip beberapa firman Allah & hadis Rasulullah. sebagai referensinya..

    Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. “Q.s At Taubah 60

    Dan jika (orang yang berhutang itu) dalam kesukaran, maka berilah tangguh sampai dia berkelapangan. Dan menyedekahkan (sebagian atau semua utang) itu, lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.
    “Q.s Al Baqarah 280

    Dari Hudzaifah, dari Nabi -shollallohu alaihi wasallam- : “Ada seseorang mati dan masuk surga. Maka ia ditanya: Apa yang pernah kau lakukan?. Beliau mengatakan: Entah dia ingat sendiri atau diingatkan, lalu mengatakan: “Aku dulunya bertransaksi dengan banyak orang, maka aku (biasanya) menangguhkan pelunasan hutang kepada mereka yang kesulitan, aku juga memberikan kelonggaran dalam hal alat pembayaran”. Karena itulah ia diampuni (dosanya)”. Abu Mas’ud mengatakan: “Aku juga pernah mendengarnya dari Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam- .

    Dari Abdulloh bin Abu Qotadah: bahwa (ayahnya) Abu Qotadah pernah mencari orang yang berhutang kepadanya, yang bersembunyi darinya, dan akhirnya ia menemukannya. Ia mengatakan: “Sungguh aku dalam kesulitan!” Abu Qotadah mengatakan: “Sungguh demi Alloh?” ia menjawab: “Sungguh demi Alloh” Abu Qotadah mengatakan lagi: “Karena Aku pernah mendengar Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam- bersabda: Barangsiapa yang ingin selamat dari bencana pada hari kiamat nanti, maka hendaklah ia meringankan beban hutang orang yang kesulitan atau membebaskannya sama sekali!”.

    Hadis riwayat Hudzaifah ra., ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: Para malaikat menerima ruh seorang lelaki dari umat sebelum kamu. Mereka bertanya: Apakah kamu pernah melakukan suatu kebaikan? Ia menjawab: Tidak. Mereka bertanya lagi: Cobalah kamu mengingat! Lelaki itu menjawab: Saya dahulu pernah mengutangkan orang-orang, lalu aku menyuruh pembantu-pembantuku untuk menangguhkan tagihan utang kepada orang yang sedang dalam kesulitan (miskin) serta memaafkan orang yang kaya. Rasulullah saw. bersabda: Lalu Allah swt. berfirman: Maafkanlah orang itu!. (Shahih Muslim No.2917)

    Hadis riwayat Abu Mas`ud ra., ia berkata:Rasulullah saw. pernah bersabda: Seorang lelaki dari umat sebelum kamu menghadapi penghitungan amal perbuatan, lalu tidak didapati satu amal kebajikan pun miliknya, kecuali bahwa ia pernah mengutangkan manusia ketika masa kaya lalu memerintahkan pembantu-pembantunya untuk memaafkan (membebaskan utang) orang yang kesulitan. Rasulullah saw. bersabda: Allah Azza wa Jalla berfirman: Kami lebih berhak berbuat begitu dari ia, maka ampunilah dia!. (Shahih Muslim No.2921)

    Hadis riwayat Abu Hurairah ra.:Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Dahulu terdapat seorang lelaki yang biasa mengutangkan manusia. Ia berkata kepada pembantunya: Apabila kamu menagih orang yang dalam kesulitan, maka maafkanlah ia, semoga dengan demikian Allah akan mengampuni dosa kita. Kemudian ia menemui Allah, maka Allah mengampuninya. (Shahih Muslim No.2922)

    Rasulullah SAW mengingatkan, “Siapa yang mengambil harta orang lain (berutang) dan berkeinginan akan mengembalikannya, Allah akan membantu mengembalikannya. Namun, siapa yang mengambilnya dengan tujuan menghilangkannya (tidak dikembalikan), Allah akan menghilangkannya (tidak akan membantu mengembalikannya).” (HR Bukhari dari Abu Hurairah)

    Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang membantu melepaskan seorang Mukmin dari kesulitan dunia, Allah akan membantunya lepas dari kesulitan pada hari Kiamat. Dan, siapa yang memberikan kemudahan kepada orang lain yang tengah kesusahan, Allah akan memberikan kemudahan padanya di dunia dan di akhirat.” (HR Muslim dari Abu Hurairah)

    Hadis Abu Hurairah r.a : “Sesungguhnya pernah ada jenazah seorang lelaki yang mempunyai hutang dihadapkan kepada Rasulullah s.a.w, maka baginda bertanya: Apakah dia ada meninggalkan sesuatu untuk membayar hutangnya? Sekiranya baginda diberitahu bahawa orang tersebut ada meninggalkan sesuatu untuk membayar hutangnya, maka baginda akan mendirikan sembahyang ke atas jenazahnya sekiranya dia tidak meninggalkan sesuatu baginda bersabda: Sembahyangkanlah ke atas temanmu itu. Setelah Allah memberikan kemudahan kepada baginda dalam menaklukkan negeri, baginda bersabda: Aku lebih berhak terhadap orang-orang mukmin dari pada diri mereka sendiri. Oleh itu sesiapa yang mati meninggalkan hutang maka akulah yang akan membayarnya dan sesiapa yang mati meninggalkan harta, maka harta itu untuk ahli warisnya”.

    saya minta bantuan do’anya bagi siapa saja yang membaca tulisan ini. . sebenarnya saya tidak ingin menuliskan semua ini. Tapi melihat beban orang tua saya terpaksa menuliskan semua ini.. MAAF.. SAYA BERNIAT MEMINJAM BUKAN MEMINTA. (Dengan tempo 20tahun/ tergantung kondisi & kebijakan). JIKALAU MEMANG ADA YANG MAU MEMBERI SAYA TERIMA (jika memang itu kehendak Allah)

    semoga Allah memberi pertolongan kepada kita semua… jika Allah mengizinkan dermawan untuk membantu keluargaku.. tidak ada yg bisa menahannya. bahkan dermawan mendapatkan pahala,rezeqi,ampunan serta kemudahan- kemudahan lainnya.. amin..
    jika Allah berkehendak memilih dermawan e-mail saja ke : allah_mahapenolong@yahoo.com

    nanti saya kasih tahu secara rinci soal kami & identitas kami…

    Katakanlah (wahai Muhammad): Wahai Tuhan yang mempunyai kuasa pemerintahan! Engkaulah yang memberi kuasa pemerintahan kepada sesiapa yang Engkau kehendaki, dan Engkaulah yang mencabut kuasa pemerintahan dari sesiapa yang Engkau kehendaki. Engkaulah juga yang memuliakan sesiapa yang Engkau kehendaki dan Engkaulah yang menghina sesiapa yang Engkau kehendaki. Dalam kekuasaan Engkaulah sahaja adanya segala kebaikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu.

    Engkaulah (wahai Tuhan) yang memasukkan waktu malam ke dalam waktu siang dan Engkaulah yang memasukkan waktu siang ke dalam waktu malam. Engkaulah juga yang mengeluarkan sesuatu yang hidup dari benda yang mati dan Engkaulah yang mengeluarkan benda yang mati dari sesuatu yang hidup. Engkau jualah yang memberi rezeki kepada sesiapa yang Engkau kehendaki, dengan tiada hitungan hisabnya.
    Q.s Al’Imran ayat 26, 27
    Hadis Aisyah r.a isteri Nabi s.a.w :“Nabi s.a.w sering berdoa ketika sembahyangnya dengan berkata : Ya Allah! Sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-Mu daripada seksa kubur dan aku memohon perlindungan kepada-Mu daripada fitnah Dajal. Aku juga memohon perlindungan kepada-Mu daripada fitnah semasa hidup dan selepas mati. Ya Allah! Aku memohon perlindungan kepada-Mu dari segala dosa dan hutang. Aisyah berkata lagi: Seseorang telah berkata kepada Rasulullah s.a.w: Alangkah banyaknya kamu memohon perlindungan dari beban hutang wahai Rasulullah! Lalu Rasulullah bersabda: Sesungguhnya seseorang yang sudah terkena beban hutang, apabila dia berkata-kata dia akan berdusta dan apabila berjanji dia akan mengingkari”

    Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.” Kata Abu Umamah radhiyallahu ’anhu: ”Setelah membaca do’a tersebut, Allah berkenan menghilangkan kebingunganku dan membayarkan lunas hutangku.” (HR Abu Dawud 4/353)

    “ Ya Allah, Cukuplah dengan yang dihalalkan oleh Engkau, jauhkanlah dari yang diharamkan oleh Engkau, layaklah aku, anugerahkanlah Engkau, jauhkanlah daripada mengharap-harap selain dari Engkau ”

    “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo`a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS Al-Baqarah ayat 186)

    An-Naashir… Al-Musta’aan.. ya Allah…
    ALHAMDULILLAH..
    wassalamu’alaikum….
    allah_mahapenolong@yahoo.com

    Saya yakin Allah akan menolongmu.., (maaf saya lama tak membuka site ini, Insya Allah saya akan coba untuk sebarkan segera.) Please tetaplah bertawaqal dan bermunajat pada NYA. Siapapun yang Dia ijinkan untuk membantu, itu hanya karena sebab DIA yang Maha Pemurah. Insya Allah pertolongan Allah segera akan datang.

  2. smartmalaysian says:

    Sampai bila nak setel semua hutang kalau asyik leka buat hutang baru. Namun saya pun turut terjerat tapi panduan ini saya rekemen bagi mereka seperti saya ini di http://alturl.com/yumm

  3. Mahmud Yunus says:

    Assalamualaiikum wr.wb
    Wahai saudaraku seiman muslimin dan muslimat, saya tidak bisa berkata-kata banyak. saat ini saya butuh pertolongan agar bisa membayar hutang-hutang saya sebesar Lebih kurang 50.000.000,00
    saya tidak pernah menipu, bahkan mencuri, tapi saya hanya bantu keluarga yang lagi kesusahan atas musibah yang mereka alami. saya tidak tahu lagi harus berbuat apa. gaji saya hanya 1.010.000.00. belum lagi sewa rumah, air listrik, istri saya.
    mohon ya allah segerakanlah pertolongan untukku melalului hamba-hambamu

  4. Al Fatah says:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    1. bagaimana doa untuk cepat membayar hutang, Karena keluarga kami mempunyai hutang sebesar Rp. -+ 60.000.000,- ( enam puluh juta rupiah ) padahal kami sebagai Pegawai Tiak tetap 1 bulan menerima Honor 650.000 ,- pada hal setoran masih 25 kali tiap bulan 2.000.000,- kami terasa tertekan dan sering murung, sedih, kapan hutang keluarga kami akan terlunasi ? mohon solusi kirim ke e-mail kami : alfatah.delta@yahoo.com
    2. Mohon bantuanya / solusinya ke e-mail kami terima kasih. wasslamu’alaikum wrwb.

    Wa’alaykumsalam wr wb Bapak… saya telah mengirimkan email ke alamat bapak.

  5. Nita says:

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Saya n keluarga juga mempunyai hutang sebesar 35jt rupiah dibanyak tempat, sehingga membuat saya bingung untuk melunasinya..
    Saya ingin meminjam dana untuk pelunasan, saya bisa mencicil perbulan 750rb rupiah..
    Karena saya bekerja mendapat gaji 1juta 50rb…
    mohon bantuannya..
    Bisa menghubungi email saya di ri_listy@yahoo.com
    Terima kasih banyak atas bantuannya.. Semoga menjadi berkah.. Amin Ya Robbal Alamin..
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

  6. indra says:

    saya termasuk orang yang sedang berhutang bahkan dililit hutang saat ini . saya sudah berdoa tiap malam . tapi sepertinya doa saya tidak didengar.sudah habis pikiran saya ini. yang ada dibenak saya adalah membunuh orang yang telah menjebak saya hingga berhutang seperti ini. saya capek dengan keadaan ini saya benar2 capek. padahal besok adalah hari dimana saya harus bayar hutang tapi detik ini saya hanya punya 18ribu rpiah saja sedangkan saya harus bayar total semua 15 juta.saya sudah hancur klo saya sampai di penjarakan maka sebelum itu terjadi maka benar2 akan saya bunuh orang itu. saya sudah pasrah . hanya ALLAH yang tau isi hati saya. tapi mengapa ALLAH tidak segera mengabulkan doa saya . saya capek benar benar capek. ternyata tak ada satupun teman yang mendekat saat saya susah . saya hanya seorang yang butuh pertolongan, pertolongan dari ALLAH dan pertolongan dari orang orang yang mengaku saudara seiman saya. tapi ternyata semua gak peduli . jika dikatakan “ALLAH tidak akan memberi cobaan pada hambanya melebihi kekuatan hambanya itu” . tapi saya jujur saya diberi cobaan oleh ALLAH melebihi kekuatan saya. dari mana uang sebanyak itu jika saya hanya berkerja sebagai guru tidak tetap yang hanya digaji 150rb /bulan apa cukup . maka dengan ini saya ingin mengatakan tolong bantu saya .

  7. yanti says:

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Saya n keluarga juga mempunyai hutang sebesar 25jt rupiah dibanyak tempat, sehingga membuat saya bingung untuk melunasinya..
    Saya ingin meminjam dana untuk pelunasan, saya bisa mencicil perbulan 400rb rupiah..
    Karena saya berjualan penghasilannya pun tidak tentu…
    mohon bantuannya..
    Bisa menghubungi email saya di yantisrinurtanti@yahoo.co.id
    Terima kasih banyak atas bantuannya.. Semoga menjadi berkah.. Amin Ya Robbal Alamin..
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

  8. nana says:

    Nana says:
    1 juni 2010

    ya allah sungguh saya mhn ampun atas semua dosa dan kesalahan yang telah saya perbuat selama ini sungguh saya sgt menyesal…
    Saat ini saya sedang bingung dan gelisah saya sedang menghadapi hutang sebesar 15 juta ini diakibatkan darikesalahan saya dulu yang pernah meminjam uang dengan rentenir.dengan cara menyelesikan masalah dengan masalah baru…sungguh masalah ini membuat hidup jadi brantakan hdp tidak tenang tidak bisa membantu pekerjaan orang tua dirumah dan membuat kedua orang tua sering ketakutan..bekerja tidak tenang pikiran kalut..hidup terasa tersiksa..sungguh saya ingin keluar dari masalah ini agar saya bisa memnjalankan hidup ini dengan normal kembali.dan dapat membantu kedua orang tua lagi..sy membutuhkan dana untuk melunasi hutang dengan cara dicicil sesuai dengan kemampuan saya sebesar 500rb\bln semoga ada dermawan yang terketuk hatinya untuk membantu saya….jika ada yang ingin hub 0721-7483790 semoga memnjadi berkah dan ditambahkan rezekinya lagi oleh allah amin…

  9. hends says:

    selain berdo`a juga berusaha di sini >http://eCa.sh/RIZKI

  10. muhammad thamrin says:

    asalamualikum … saya terlilit hutang yang jumlahnya hampir mencapai Rp. 350jt….. sudah hampir dua tahun saya selalu hidup dalam tekanan hutang… angsuran saya di bank mencapai Rp. 20jt ….. meski seperti ini dan jujur kadang saya merasa putus asa dan sering timbul niat kotor dalam hati saya untuk mendapat uang… namun setiap saya mengingat allah saya selalu takut untuk melakukannya karna saya takut sekali jukalau nanti allah memasukkan saya menjadi golongan orang yang kena azab… dan saya selalu memikirkan apakah yang harus saya katakan nanti di hari berbangkit dimana telah datang pengadilan atas semua umat yang disaksikan oleh rasullulah saw sebagai saksinya….. alangkah malunya saya pada rasullulah saat itu… padahal saya sendiri mengakui bahwa dengan ujian hutang inilah saya banyak mendapat hidayah dan pelajaran……inilah yang selalu mengurungkan niat saya untuk berbuat hal yang dosa…. tapi akhir2 ini pikiran saya semakin sulit dikontrol ditambah lagi dengan ajakan untuk menjadi perompak dengan hasil yang besar hanya sekali aksi mampu melunasi hutang saya….. jujur sekarang saya bimbang karna kalu saya tidak mampu membayar hutang hingga tgl 28 ini pihak bank akan melakukan tidakan dan kalo itu sampai terjadi maka mungkin akan terjadi suatu hal terhadap ayah saya karna ayah saya menderita penyakit jantung dan ia tidak tahu masalah saya karna ibu saya pun mengatakan agar ayah saya jangan sampai tahu……..

    kiranya ada yang bersedia meringankan beban saya untuk bersedia meminjamkan uang sebesar 350 juta saya akan memberikan sertifikat rumah (ruko) atas nama saya …. insyaallah kiranya ada yang bersedia membantu saya bersedia bebagi hasil dari hasil usaha saya nanti insyaallah saya mampu memberikan bagi hasil sebasar 3 jt / bulan dari hasil usaha saya…… dan insya allah dalam 3tahun saya akan melunasi hutang saya….. jika ada yang berbaik hati tolong hubungi saya di 07119111543… dan saya bersedia untuk bertemu lansung dan mengecek kondisi rumah jaminan saya….

    Semoga Allah akan memudahkan segala urusan.

  11. naz says:

    saya sama sedang mengalami hal yang dirasakan saudara yang lain,saya hanya punya keyakinan bahwa saya harus tetap hadapi semuanya,jangan takut akan masalah hidup seberat apapun takutlah sama allah dengan ikhtiar dan doa.saya yakin pazti allah memberikan pertolongannya.amin

  12. aris says:

    bagaimana ya solusi mengenai hutang saya yang totalnya 300juta? saya bingung……kerja jadi tidak tenang…..dan gajipun habis tiap bulannya….bahkan minus.

    • yanti says:

      Akhii Ridwan… Mungkin ini terdengar klise. Tapi berdasarkan apa yang sudah pernah terjadi dalam diri saya, hal yang terpenting adalah.. kembali kepada Allah, dengan sebenar-benarnya kembali. Pasti ada solusi yang telah DIA siapkan. Hal yang mungkin tak pernah terlintas dalam pemikiran atau hal yang sudah menjadi bagian dari keseharian, tetapi tak pernah dianggap penting. “Barangsiapa bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rizki dari arah yg tidak disangka-sangkanya.”

  13. salam semua…bagaimana penghutang dapat menyelesaikan hutang didunia tetapi bagaimana pula di akhirat ..,apa akan berlaku jika semua penghutang meninggal dunia semalam adakah harta yang kamu ada cukup menampung hutang yang kamu tinggalkan atau sebaliknya …sebenarnya kita kena bawa dunia ini untuk akhirat bahkan harta yang kita tinggakan sedikit sebanyak dapat membantu keluarga sara hidup disamping anak2x… ,saya amiemisliani agent prubsn mencadangkan dengan mengambil prodak takaful prudential bsn ianya dapat membantu anda walau apa keadaan sekali pun …sihat dalam bentuk simpanan kami sediakan ,sakit kami ada pampasan untuk anda bahkan pendapatan bulanan kami sediakan untuk menampung pembelanjaan harian ,segala pembelanjaan kos rawatan kami bayarkan ..pelan takaful kami yg fleksibel dan premium bulanan serendah RM 20 ,jumlah pampasan dan premium bulanan dicadangkan bergantung kepada kemampuan dan keperluan peserta,keterangan lanjut boleh layari laman web kami di http://www.prubsn.com.my dan boleh hubungi saya ditalian 017-6896737 / 017-6896707 ( amie ).tq

    Balas

    • yanti says:

      Wahai sahabat… Mohon maaf sepanjang yang saya tahu, ada bagian dari kemampuan kita sebagai manusia untuk menyelesaikan dan bertanggungjawab. Tetapi ada juga yang diluar kuasa, kejadian-kejadian menimpa hidup. Allah Maha Adil.. Dan tak satupun dari kita sebagai manusia yang mampu lebih adil dari Allah azza wa jalla. Sebaiknya kita melakukan apa yang mampu kita kerjakan, semaksimal mungkin melunasi hutang… selebihnya urusan Allah azza wa jalla.. jika kita sibuk dengan menerka-nerka apa yang akan terjadi.. kemungkinan besar kita tak kan pernah sanggup melakukannya…
      (ini adalah pertimbangan dari segi akhlaq)

      Pertimbangan secara hukum.. setiap hutang akan selalu diperhitungkan dengan teliti oleh Allah azza wa jalla.

      Semoga Allah akan memberi kita semua kemudahan, keikhlasan dalam urusan hutang piutang. Karena akan banyak kecintaan Allah, pada orang-orang yang selalu berusaha menyelesaikan hutang-hutangnya. Dan banyak barakah Allah, bagi orang-orang yang memudahkan orang-orang yang berhutang padanya.

      Allah Maha Benar…

  14. Nancy says:

    Bagi yang berhutang semoga dimudahkan dalam melunasinya.

  15. Arya says:

    ” Assalamualaikum ”
    Buat sahabat sahabat seiman maupun tidak Seiman di sini saya hanya memberikan pengalaman bagaimana akhirnya saya terlepas dari hutang hutang saya yang jumlahnya sangat besar!
    saat saya berdoa saya benar benar mengimani doa saya akan di kabulkan oleh Allah SWT,dan saat saya berdoa saya melepaskan semua dendam , marah,benci kepada siapapun walaupun kepada orang yang telah menipu saya, dan juga anda harus yakin dengan kuasa kuasa Allah SWT, jangan anda sedikit pun Ragu , Khawatir,Ketakutan akan di jawab atau tidak nya doa anda ! anda harus yakin 100% doa anda telah di dengar , dan satu catatan penting agar doa anda di kabulkan LEPASKAN SELURUH JIMAT – JIMAT /PAGANGAN/ISIAN/dari kiyai,dukun,ustadz atau siapapun juga LEPASKAN karena dengan menyimpan JIMAT – JIMAT /PAGANGAN/ISIAN/ sama saja anda tidak percaya dengan kuasa dan kasih sayang ALLAH SWT ,
    dan urutan saya berdoa adalah sebagai berikut :

    1. Bersyukur atas rahmat nikmat karunia yang telah Allah SWT berikan .
    2. Berterima kasih Atas Kasih Karunia yang Allah SWT berikan.
    3. Mengucapkan Asma Allah ( Bertasbih )
    4. Mengucapkan shalawat kepada Nabi Besar Muhamad SAW.
    5. Memohon Ampun atas dosa Orang Tua
    6. Memohon Ampun dan Perlindungan Bagi Negara Indonesia
    7. Baru Memohon Pertolongan dari hutang hutang saya.
    8. Mengucapkan terima kasih atas perlindungannya dari orang orang yg Dzalim.
    9. Membaca Ayat kursi dengan memahami artinya !

    Alhamdulilah saya sekerang terlepas dari hutang hutang yg telah membelnggu kehidupan saya !
    Segala puji bagi Allah SWT atas kasih karunia nya , terima kasih bagi Allah SWT atas kasih sayangnya yang tak pernah habis tak pernah usai dan tak pernah berkesudahaan.
    Wassalamualaikum

    Semoga bermanfaat

    • yanti says:

      Wa’alaykumsalam… intinya.. jika boleh saya simpulkan adalah hanya berpasrah padaNYA.. ,bersyukur padaNYA.. subhanallah.. sungguh hanya orang-orang yang tahu menghargai dirilah… yang mendapat hidayah dan barakah Allah… Amiin.. semoga kita semua tetap akan terjaga hingga kapanpun…

  16. ririn says:

    Semua kita kembalikan kepada ALLAH, Insya ALlah , kita akan diberi petunjuk jalannya…. , asalkan kita juga berpasrah, ikhlas, dan sabar……
    Kalau dihitung-hitung angka pasti seakan mustahil…Namun ALLAH lah sebaik-baiknya penolong, LUAR BIASA dan Dahsyat bila kita menyakininya…

    Kadang seolah ALLAH kirim orang buat tolong kita…..Entah memang ada rejekinya, entah diberi tunjuk jalannya, atau kesempatan-kesempatan untuk dapat menghasilkan uang didepan mata……kita harus pandai menggunakan AKAL yang ALLAH berikan…. Pekalah terhadap apapun yang terjadi dihadapan kita karena kita ga tau ternyata ada petunjuk dibalik itu semua…..

    maka ALLAH menjawab doa kita semua….

  17. ferry says:

    assalamualaikum wr wb, pelajaran dan hikmah yang bisa kita ambil adalah jangan pernah berhutang uang pada pihak yang memberikan bunga, mau rentenir atau bank, karena apapun alasan kita meminjam uang tersebut pada awalnya tak akan pernah bisa menjadi sesuai yang kita harapkan, yang terjadi malah kita masuk kedalam lingkaran tali yang akan mengikat kita semakin kencang. namun jika sudah terlanjur meminjam uang pada pihak2 tsb, percayalah semua itu terjadi karena kehendak Allah, dan Allah yang Maha Tahu kalau kita akan terbebas dari hutang2 tersebut.
    jika saat ini kita merasa kalut dan panik karena tidak mampu bayar hutang, itu karena kita tidak beriman pada Allah, maaf maksud saya Allah tak akan mengijinkan kita mendapat pinjaman tersebut kalau kita tidak mampu membayarnya, Allah Maha Tahu bro..kalau kita sekarang terbelit hutang itu artinya ALLAH SEDANG BERBICARA PADAMU…
    saran saya berdasarkan pengalaman saya:
    1 jangan pernah membuat hutang baru untuk membayar hutang lama, lebih baik kita jual aset kita yang ada
    2 jangan minta bantuan dukun atau kyai untuk menjual aset kita, kita tahajud dan meminta sendiri pada Allah, karena Allah sedang bicara pada kita, bukan dengan dukun atau kyai
    3 jangan sok tahu kapan aset kita akan terjual untuk membayar hutang, yakin dan berserah diri pada Nya, karena saat kita terbelit hutang itu adalah cobaan, dan Allah yang menjanjikan sendiri tak akan memberikan cobaan yang tak dapat di pikul oleh mahluknya.
    4 jangan putus asa, bermunajat pada Allah, jangan tenggelam dalam kemurungan, krena murung akan membawa kegelapan. JIKA KITA BERADA DALAM KEGELAPAN BAYANGAN SENDIRI PUN AKAN MENINGGALKAN KITA
    semoga bermanfaat
    wallaikum salam wr wb

    • yanti says:

      Betul sahabat.. memang sebaiknya demikian. Hanya kadangkala.. hidup memang “tidak semanis yang kita impikan”.. ada saat-saat dimana “pertolongan” itu datangnya sangat diakhir.. menyebabkan beberapa sahabat menjadi sangat frustasi… apa yang kau tuliskan ini.. semoga dapat menjadi masukkan berharga bagi kami semua yang membaca tulisan ini… terima kasih banyak. wa’alaykumsalam wr wb

  18. lily says:

    saudaraku sekarang saya telah dilaporkan ke kantor polisi karena tidak sanggup membayar hutang nya,,,, adakah disini ada yang terketuk hatinua untuk menolong saya dulu.tolong saya saudaraku

    • yanti says:

      saya turut prihatin ibu… mohon maaf saya tak mampu berbuat banyak. Tetapi jika saya boleh saran.. kiranya ibu lebih berpasrah pada Yang Kuasa. Kita tak pernah tahu apa rencanaNYA yang dibalik semua ini. (yang saya yakini hanya kebaikan dan kenikmatanlah yang DIA siapkan untuk kita semua.. insya Allah).. hanya DIA tempat kita meminta…. hanya DIA tempat kita berpasrah.. dan hanya DIA yang mampu membalikkan segalanya ketika IA berkenan.. amiin

Trackbacks

Leave a Reply